Sunday, May 25, 2008

Jurnalisme Internet

Internet adalah teknologi media yang kini merebak dan banyak dimanfaatkan orang, terutama dalam distribusi informasi. Dalam media internet, seseorang tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga memberikan informasi, inilah yang dapat disebut sebagai pertukaran informasi. Pertukaran informasi terjadi sangat cepat tanpat dan mudah tanpa mengenal sekat, yang penting untuk mengakses internet hanyalah skill untuk menggukakannya, hanya skill itulah yang kemudian membuat sekat-sekat yang bersifat hierarkis.
Dalam aktivitas ini, artinya setiap orang dapat menjadi wartawan, apapun konten tulisannya, dia dapat meng-up load di internet, tulisan-tulisan ini dapat dipublikasikan dalam e-mail, website atau blog, ini lah yang menjadikan fenomena blogger merebak dimana-mana, apa lagi setelah aktivitas ini dapat menjadi ajang bisnis, orang akan semakin tertarik dalam menggunakan layanan internet.
Memang, validitas informasi diinternet masih banyak yang dipertanyakan, karena kontroluntuk itu masih rendah. Untuk website seperti wiki pedia misalnya, semua orang dapat meng-edit situs ini, karena semua orang dapat mengedit situs ini, maka validitas informasi masih diprtanyakan karena unsure subjektivitas nya tinggi.
Bermacam-macam ramalan tentang layanan informasi melalui internet dekemukakan. Misalnya google yang meramalkan bahwa koran tidak akan terpakai lagi pada tahun 2015. Pernah juga diramalkan bahwa validitas informasi di internet akan terjadi, dimana situs-situs yang memuat berita bohong akan terdeteksi, hal ini mungkin saja terjadi ketika pengguna internet semakin banyak, sehingga control terhadap validitas informasinya akan mudah terdeteksi.

1 comment:

Anonymous said...

Ken,add ym-ku (andra.cute).Postingan translate ke english,daftar bidvertiser.
Join BidVertiser <<CLICK HERE!>>